Sabtu, 29 September 2012

ANEKA PEMANIS BUATAN

Kalian menyukai makanan dan minuman manis, tapi tidak mau menggunakan gula karena takut berat badan naik atau kesehatan kalian terganggu? Maka kalian harus tau dulu macam-macam pemanis buatan berikut ini.

Aspartame

Jenis pemanis buatan ini adalah jenis yang paling sering menjadi bahan kontroversi. Menurut Cynthia Pasquella, seorang nutrisioinis Amerika, pada tahun 1994, ada banyak sekali keluhan pada asosiasi kesehatan sebagai akibat dari aspartame, seperti muntah, sakit kepala, bahkan kanker! Aspartame diketahui memang memiliki nol kalori, tapi ia mengandung banyak bahan kimia yang tidak familiar, seoerti ohenylalanine, asam aspartik, dan methanol, yang bisa membuat Anda lebih mudah terserang penyakit.

Sucralose

Jenis ini seringkali disebut sebagai pemanis yang paling natural karena datang dari gula, namun selama proses pembuatannya, beberapa molekulnya diganti dengan atom klorin. Sucralose terasa lebih manis daripada gula, namun tidak mempengaruhi gula darah Anda. Walaupun begitu, ada beberapa yang mengatakan bahwa klorin dalam sucralose dapat diserap oleh tubuh, yang bisa mengurangi bakteri baik dalam tubuh, seperti probiotik.

Sakarin

Pemanis buatan yang satu ini juga memiliki nol kalori dan tidak menaikkan tingkat gula darah, namun beberapa peneliti mengaitkannya dengan naiknya berat badan.

Agave Nectar

Substitusi gula ini diambil dari tumbuhan agave, namun yang biasa dijual di pasaran seperti di supermarket sudah melalui banyak proses dan sudah mengalami penyempurnaan kimiawi. Rasanya lebih manis daripada gula, sehingga dapat digunakan lebih sedikit daripada saat Anda menggunakan gula. Jenis ini tidak memiliki GI yang tinggi, yang berarti gula ini diserap lebih lambat dalam tumbuh. Pada dasarnya tumbuhan agave memiliki banyak inulin, serat yang sehat, namun agave nectar, karena proses kimiawinya, tidak menyisakan banyak nutrisi sehat itu. Untuk mendapatkan manfaat utama dari agave nectar, pilihlah yang mentah, organik, dan tidak dipanaskan.

Stevia

Pemanis ini terkenal di Amerika, terlebih karena ia tidak memiliki kalori sedikitpun. Stevia muncul dalam bentuk bubuk dan juga cair. Menurut nutrisionis, stevia tidak mengandung bahan kimia apapun sehingga dianggap aman, plus bisa menurunkan tingkat insulin, yang bagus untuk penderita diabetes. Walaupun begitu, Anda tetap harus berhati-hati akan merek-merek stevia yang ada di pasaran, karena belum tentu natural.

Xylitol

Pengganti gula ini bisa ditemukan di banyak buah dan sayuran, dan sebenarnya diproduksi dalam tubuh. Xylitol mengandung sedikit kalori pergramnya, dan penelitian menunjukkan bahwa xylitol juga bagus untuk gigi. Xylitol, seperti stevia, dianggap aman, namun jika dikonsumsi terlalu banyak, maka akan menimbulkan gangguan pada usus.

nah jadi tau kan mana-mana pemanis buatan yang aman...

sumber : http://sehatcantik.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Baca!

Yuk Baca!
Aktivitas di pos baca girli